About Me

Saya adalah anak terakhir dari 9 (Sembilan) bersaudara dan lahir dari keluarga bahagia

Wednesday, October 17, 2018

Hal yang harus dipahami Sebelum Mengerjakan Emis Online 2018


Assalamu’alaikum, Wr.Wb.

Salam Satu Data
Selamat tinggal tahun pelajaran 2017/2018, dan kita ucapkan datang tahun pelajaran 2018/2019, sebagai seorang operator madrasah, kita harus bersiap untuk mengupdate Data Pendidikan Islam melalui EMIS Online. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, kita mengerjakan Emis hanya melalui aplikasi dekstop yang offline, sekarang kita mengerjakannya secara online melalui alamat web http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/


emis online 2018

Namun sebelum sampai ke sana, alangkah lebih baiknya kita pahami beberapa ketentuan emis yang pastinya sangat membantu kita sebagai operator madrasah/RA dalam mengerjakannya.

Siswa
Siswa Baru lulusan dari Raudhatul Athfal (RA)
Cara memasukannya dengan, klik menu siswa baru dari ra/madrasah, kemudian menuliskan nsm ra/madrasah asal.
Klik centang ( √ ) pada kolom ceklist di samping nama lalu pilih daftarkan.

Siswa Baru dari UMUM (TK/SD) ataupun Langsung dari Orang tua
Caranya :
Kita Klik tombol siswa baru di menu siswa aktif lalu lengkapi  isiannya jangan lupa untuk mempersiapkan data pendukung seperti  Foto copy Akta kelahiran dan Kartu Keluarga dan jika mempunyai data lainnya silahkan diisikan seperti KIP, PKH, KKS atau SKMT. Dan jangan lupa untuk menekan tombol simpan.
Namun jika siswa baru yang dari Umum terlalu banyak kita bisa mengerjakannya melalui data excel  lalu kita save as type CSV (MS DOS) setelah semua terdata kita Upload file tersebut pada menu PPDB dan jangan lupa klik save atau simpan.
Kita bisa melengkapi unggahan kita yang masih kurang melalui detile siswa.
Mutasi Masuk Siswa Dari Madrasah Lain
Penting! Setiap siswa yang masuk ke madrasah kita jangan lupa untuk meminta surat mutasi dan kode token yang dicetak dari emis madrasah lain. Hal ini penting dilakukan agar siswa mutasi tersebut sudah benar-benar di mutasi dari madrasah asal.

Jika mutasi inter lokal hehe maksudnya beda kabupaten atau beda propinsi maka kita harus meminta atau bahasa gaulnya mengajukan surat permohonan mutasi siswa tersebut pada seksi pendidikan madrasah setempat. Sebagai contoh siswa madrasah dari Kebumen mau pindah ke Bekasi maka siswa tersebut harus mengajukan surat permohonan mutasi siswa tersebut pada seksi pendidikan madrasah kabupaten Kebumen setelah disetujui maka surat tersebut diserahkan ke madrasah penerima siswa mutasi tersebut, begitu pula sebaliknya.

Jika siswa kita yang mutasi keluar maka kita juga harus membuatkan surat mutasi pada emis madrasah dengan klik tombol menu lalu pilih siswa aktif lalu pilih mutasi siwa pada tombol segitiga terbalik setelah terbuka lengkapi isian dan yang terakhir cetak kode token mutasi untuk diserahkan pada madrasah tujuan mutasi

Guru/Pendidik (PTK) dan Tenaga Kependidikan

Mendaftarkan PTK Baru
Pada menu Guru di Emis Online pilih kode plus ( + ) setelah itu lengkapi isian kolom jangan lupa siapkan data pendukung PTK baru tersebut seperti SK Guru, KK dan KTP. Setelah semua isian dilengkapi jangan lupa pilih simpan.

Mengapa setiap merubah atau menambah data kita wajib klik simpan, karena jika hal itu tidak kita lakukan maka semua data isian yang telah kita isikan tidak akan tersimpan artinya semua perjuangan

Memutasikan PTK
Jika ada PTK masuk dari Sekolah umum maka kita masukkan melalui jalur PTK baru Tapi Jika PTK tersebut berasal dari madrasah lain kita harus mengajukan terlebih dahulu PTK baru tersebut menggunakan surat permohonan mutasi yang dialamatkan ke Seksi Pendidikan Madrasah dan jangan lupa lampirannya.


PTK non Aktif
Catatan “PTK non aktif itu adalah PTK yang cuti, pindah kerjaan, meninggal dunia, sakit, tugas belajar atau yang lainnya” caranya adalah dengan pilih tombol status keaktifan pada menu PTK lalu lengkapi isian dan upload dokumen yang diperlukan kemudian pilih simpan, setelah itu ajukan surat permohonan non aktif PTK tersebut ke seksi pendidikan madrasah saudara.

 Edit Data PTK

Bila kita ingin mengedit data PTK karena kekeliruan pada Nama tanggal lahir atau yang lainnya kita harus membuat surat edit profil PTK tersebut ke seksi pendidikan madrasah .

Mengapa setiap edit data kita harus mengajukan ke seksi pendidikan madrasah karena untuk menjaga  atau membuat kita sebagai operator hati-hati dalam setiap pekerjaan agar kita bisa meminimalisir kesalahan data walaupun ada pepatah tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan namun jika kita kerjakan dengan penuh tanggungjawab dan teliti insyaallah kita bisa meminimalisir kesalahan tersebut.

Demikian ketentuan Pendataan EMIS Tahun Pelajaran 2018/2019 yang bisa saya pelajari dan pahami pada acara di Hotel Mexolie Kabupaten Kebumen dan jika ternyata kurang pas atau apapun mohon sarannya.

Terimakasih.

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment